Prestasi


WELCOM PRESTASI INSAN

Juara Harapan II Lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Indonesia.

Aku adalah termasuk orang yang kurang cerdas. Setiap ada ulangan pasti Aku mendapat nilai jelek, belajar ga belajar tetep aja hasilnya jelek. Jujur Aku merasa malu dan minder atas kekurangan ku. Tetapi aku tetap mencoba bersabar dan menerima atas apa yang ada dalam diriku.

Pada saat aku kelas 2 SMA, aku bertekad untuk berubah, aku ingin berubah menjadi lebih baik. aku ingin membuat orang tua ku bangga. Tetapi Bagaimana ? Apa yang harus aku lakukan ? Aku bingung, aku cuman bisa melihat wajah teman-teman yang girang atas prestasi yang telah mereka raih.

Pada suatu ketika ada audisi peserta Olimpiade IPS dan IPA, tetapi aku tidak mampu bersaing dengan teman-teman yang lebih dari aku. pada saat itu aku bertanya pada salah satu teman yang lolos mewakili SMA ku untuk mengikuti Olimpiade matematika tingkat kabupaten. “Ah kapan ya aku bisa seperti kamu ?”tanyaku. “wkwkwkwkwk Kamu,,,,ikut olimpiade mimpi kali ye,,,,ulangan ja selalu remidi ko berani-beraninya mau saingan ma aku…”jawabnya. pada saat itu aku tidak bisa berkata apa-apa, cuman menundukan kepala. aku sadar atas kemampuanku .

Namun aku tidak menyerah, aku konsultasi pada guru Bimbingan Konseling.”Pak ( P ) saya ingin berprestasi, namun saya banyak terdapat kelemahan pak dalam nilai akademik ? apa yang harus saya lakukan ?”.tanya ku. “Prestasi itu bukan hanya akademik saja tetapi ada juga non akademik.”jawabnya.

Pada saat itu aku mulai berpikir tentang prestasi yang non akademik. pada waktu pulang sekolah aku melihat pengumuman bahwa ada lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja Se-Indonesia. Aku merasa tertarik, namun apa itu karya tulis, bagaimana caranya untuk menulis ?

Aku ga peduli, dengan modal nekad aku mencoba menghubungi guru KIR yang di SMA, namun di tolak karena aku bukan anak IPA, tetapi anak IPS, namun aku tidak menyerah, aku mencoba untuk cari guru pembimbing, tetapi juga tidak ada yang mau karena emang aku dipandang kurang .

Aku mencoba untuk minta pendapat dari teman sebangku ku ( A ), “Aku pesimis, karena sampai sekarang aku belum dapat guru pembimbing karena aku tidak di legalkan untuk mengikuti lomba ini sebab aku anak IPS,papar ku”. “Kamu sudah masuk kedalam air, kenapa tidak mandi sekalian ? jawabnya”. akhirnya aku mulai berpikir tentang jawaban teman ku, ” ya benar, kenapa aku ga mandi sekalian sudah terlanjur masuk ke dalam air ?”. aku mendapatkan semangat kembali. aku berusaha untuk meminta salah satu guru untuk bersedia menjadi guru pembimbing. Alhamdulillah ada guru yang mau menjadi guru pembimbing. Namun aku bingung, karena guru pembimbing ku cuman memberikan garis besar tentang cara penyusunan karya tulis ilmiah, sedangkan aku tidak tau sama sekali apa itu Karya Tulis Ilmiah.

Tetapi dengan modal nekad karena pengetahuan yang sangat kurang, Aku belajar mandiri. Masih ada 2 bulan untuk belajar, 1 bulan untuk belajar tentang cara menyusun Karya Tulis Ilmiah, 1 bulan untuk membuat Karya Tulisnya. Alhamdulillah dalam waktu 6 minggu aku sudah bisa membuat kerangka dan aku konsultasi dengan pembimbing, ternyata masih banyak kekurangan yang harus aku perbaiki. Namun aku tidak menyerah dan aku bisa melengkapinya.
Setelah kurang dari 1 minggu batas pengumpulan Karya Tulis, ada sedikit kendala, karena persaratan layaknya Karya Tulis untuk dilombakan harus ada tanda tangan guru pembimbing dan cap sekolah, sedangkan aku tetap tidak boleh mengikuti lomba ini oleh sekolah karena aku anak IPS dan tidak ikut KIR. Dengan terpaksa pada malam harinya aku pergi kesekolah mencuri cap SMA ku.

Alhamdulillah Karya tulis aku kirim. 3 bulan kemudian akhirnya aku dipanggil kepala sekolah bahwa karya tulis yang saya kirimkan masuk 16 besar dari 250 karya Se-Indonesia. Aku bingung diantara senang dan takut. Senang karena Karya Tulis lolos dan Takut karena mencuri cap SMA. Namun aku harus jujur dan meminta maaf kepada kepala sekolah atas perbuatan ku yang tidak terpuji dan Alhamdulillah beliau bisa memaafkan. Saya harus mempresentasikan karya Tulis ku di Malang jawa timur.

Singkat cerita, Alkhamdulillah dari 250 kelompok, aku menjadi Juara Harapan II Se-Indonesia. Aku sangat senang karena dari 16 kelompok terbaik Se-Indonesia hanya aku yang IPS, he…3x. dan saya mendapat banyak pelajaran dari pengalaman ini, dengan semangat dan kerja keras, aku bisa menjadi lebih baik.

Dalam perjalan pulang saya bener-bener bisa tidur nyenyak. pada saat saya sampai di Sekolah, belum ada yang tau tentang apa yang aku peroleh.

Tiba saatnya pada tanggal 2 Mei, penyerahan piala kepada sekolah, dan aku dipanggil ke atas podium upacara untuk menyerahkan piala kepada Waka SMA. Semua peserta upacara tidak ada yang tepuk tangan, mengejek atau mengolok2, mereka semua hanya terdiam tidak percaya atas apa yang aku peroleh, karena aku di sekolah dikenal anak yang malas dan arogan. Namun setelah penyerahan Piala barulah semua bertepuk tangan.

Sejak itu aku baru merasakan bagaimana dihargai atas apa yang aku lakukan oleh teman2 dengan tepuk tangan dan senyuman yang tulus.
Sejak itu aku mendapat banyak pengalaman baru dan sampai sekarang aku masih mendalaminya.
Aku ucapkan banyak terimakasih kepada Kepala Sekolah, Guru Pembimbing, Orang Tua, My Love dan teman2 yang sudah memberikan dukungan untuk semuanya dan membuat hidup ku lebih baik dan berarti sampai sekarang.

” Jawablah ‘Y’ apabila ada tawaran yang jelas dan Positif, karena kesempatan tidak mesti datang dua kali ”

” Apa bila ingin kebaikan tanamkan juga kebaikan kepada orang lain ”

” Tanggung jawab atas apa yang anda lakukan kemarin dan sekarang “

LOMBA-LOMBA

” Juara III Liga Futsal Radar Banyumas Tahun 2009 ”

” Juara Harapan II Lomba Karya Tulis Se-Indonesia Tahun 2008 ”

” Juara I Lomba Jalan Cepat Se-Kabupaten Tahun 2008 ”

” Juara II Lomba Qira’ah Se-Kecamatan Tahun 2005 dan 2006 ”

” Juara I Porseni Sepak Bola Se-Karisedenan Tahun 2000 “

8 Komentar

  1. bambang said,

    21/06/2010 pada 10:15

    mantap re…
    lanjutkan perjuangan mu….

  2. Adisty Febriana Arsandy said,

    22/06/2010 pada 10:15

    Asalamualaikm…
    Halo,ap kbar?
    Emm,mgkn dh lupain ak kali yaa.
    Dah ga nganggep.mungkn….
    Emm,msalah lomba tu,kalo tdak salah.ak tau loh…
    Jngan ilang2in dunx…
    Memanx bnar,kta bsa mlakukan sgala hal dr tekad di diri kta.
    Tp jngan lupa.tkad itu muncl jg,krna dorongan dr ornglain.
    Kalo tmen2 km,ga ngolok2 km,ap km te2p pnya tkad tu.
    Sbenarnya,suatu hal yg dianggap menyakitkn,justru akn membawa kebrhasilan.
    Emm,slamat deh.atas juara karya tulisnya…
    Insan Aji Subekti.

    Km menjdi sperti saat ni,jg krana adany orang laen…

  3. Adisty Febriana Arsandy said,

    22/06/2010 pada 10:15

    Asalamualaikm…
    Halo,ap kbar?
    Emm,mgkn dh lupain ak kali yaa.
    Dah ga nganggep.mungkn….
    Emm,msalah lomba tu,kalo tdak salah.ak tau loh…
    Jngan ilang2in dunx…
    Aku cma mau kash saran aja.mga ga tersinggung.
    Memanx bnar,kta bsa mlakukan sgala hal dr tekad di diri kta.
    Tp jngan lupa.tkad itu muncl jg,krna dorongan dr ornglain.
    Kalo tmen2 km,ga ngolok2 km,ap km te2p pnya tkad tu.
    Sbenarnya,suatu hal yg dianggap menyakitkn,justru akn membawa kebrhasilan.
    Emm,slamat deh.atas juara karya tulisnya…
    Insan Aji Subekti.

    Jngan lupa Km menjdi sperti saat ni,jg krana adany orang laen…

  4. 23/06/2010 pada 10:15

    Lanjutannya pa san ?

  5. Insan Aji said,

    24/06/2010 pada 10:15

    emon@ sbar ya mon..
    lagi banyak banget tugas…

    Adis@ Tenang aja ko dis aku ga akan pernah melupakan semua teman-teman ku yang telah membantu aku dan selalu memberikan dukungan doa dorongan sehingga aku bisa menjadi seperti ini…

  6. Al said,

    26/06/2010 pada 10:15

    bagus….
    bagus….
    bagus,,,,
    Mandi sekalian………… modal nekat dadi berkat………(dari ALLAH)
    hehehe

  7. ari syaoran said,

    26/06/2010 pada 10:15

    wah, tingkatkan prestasinya y mas….
    aq jg insya allah mw ikutan LKTI yg diselenggarakan UMM….mhon doanya y mas….^^

  8. insan23 said,

    26/06/2010 pada 10:15

    Al@ OKOKOK sip lah…
    Ari@ ok lanjutkan dan raih cita-cita mu ok..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s